Inilah tanda – tanda kehamilan yang perlu diketahui

Siapa sih istri yang tidak ingin hamil? Apalagi calon Ibu yang berusia masih muda yang belum mempunyai buah hati. Dengan mengetahui tanda – tanda kehamilan lebih dini tentunya akan sangat memberikan manfaat bagi para ibu dan keluarga. Jangan sampai yang dikira hamil ternyata tidak hamil dan yang merasa tidak hamil ternyata hamil yang akan mengakibatkan masalah pada kehamilan sang ibu.

Untuk mempertajam wawasan kita semua tentang pertanda yang bagaimanakah yang memastikan bahwa anda sedang hamil? Mari simak yang berikut ini.

tanda tanda kehamilan

8 Tanda – Tanda Kehamilan

Dari berbagai sumber ahli kandungan dan ahli kesehatan, berikut kami rangkum 8 tanda-tanda kehamilan untuk anda.

1. Terlambat datang bulan

Sebagian besar wanita akan mengalami terlambat datang bulan sebagai tanda kehamilan paling umum.

2. Terjadinya perubahan pada payudara

Jika terjadi kehamilan, payudara ibu akan membesar, biasanya juga akan terasa sakit atau nyeri ketika disentuh. Hal ini terjadi karena disebabkan factor hormonal seperti produksi hormone esterogen, progresteron dan HPL ( Human Placental Lactogen).

3. Morning sicknes

Apa itu morning sicknes? Yaitu rasa mual dan muntah yang terjadi pada awal kehamilan akibat peningkatan hormone HCG (Human Clorionic Gonadotrophin) dalam darah dan saluran air kencing. Karena itulah alat test pack kehamilan diuji menggunakan media air seni. Sebaiknya periksakan dan konsultasikan ke dokter atau bidan ibu jika morning sicknes ini benar – benar menganggu kehamilan anda.

4. Sering buang air kecil ( Frequent Urination)

Setelah menstruasi terlambat sekitar satu sampai dua minggu, rasa ingin buang air kecil menjadi lebih sering dari biasanya. Hal ini dikarenakan Janin yang mulai tumbuh didalam Rahim dan menekan kandung kemih sehingga sirkulasi darah menjadi meningkat. Sangat disaranka untuk rutin buang air kecil meskipun terlalu sering. Dan jangan sampai ibu menahannya apalagi mengurangi air minum, sekaligus pola makan harus tetap dijaga secara teratur.

5. Rasa lelah dan mudah mengantuk ( Fatugue)

Perubahan hormonal yang banyak terjadi pada ibu hamil ini menyebabkan banyak organ vital bekerja lebih banyak daripada biasanya karena untuk mencukupi semua kebutuhan ibu dan pertumbuhan janin, makanya ibu hamil sering sekali terlihat mudah lelah dan mengantuk.

6. Sering meludah

Tanda kehamilan yang satu ini dipengaruhi oleh hormone esrogen, tapi ibu tidak perlu kahwatir, kondisi seperti ini hanya terjadi pada trisemester pertama saja.

7. Munculnya bercak darah yang diikuti kram perut

Proses implantasi atau proses menempelnya embrio pada dinding Rahim ini yang menyebabkan munculnya flek atau bercak darah pada masa awal kehamilan, kondisi ini terkadang disalahartikan sebagai menstruasi. Adapun kram perut akan ibu rasakan secara teratur semasa ibu  sedang hamil hingga usia kehamilan ibu menginjak usia trisemester kedua.

8. Sembelit

Sembelit ini sering dirasakan ibu hamil sebagai akibat dari meningkatnya hormone progresteron, tapi dari sembelit ini akan memungkinkan penyerapan nutrisi – nutrisi ke dalam tubuh menjadi lebih baik.

Nah, tanda – tanda kehamilan diatas tidak terjadi pada semua orang, tetapi itu adalah tanda – tanda kehamilan secara umum. Untuk lebih memastikan kehamilan ibu, cukup lakukan test kehamilan yang bisa dilakukan di rumah sendiri maupun di laboratorium. Segera ketahui kehamilan ibu agar ibu bisa lebih menjaga kesehatan. Dan harap diingat bahwa kehamilan yang sehat akan membantu menghasilkan buah hati yang sehat pula.

0 komentar:

Posting Komentar